Pages

Wednesday, November 19, 2014

Gini nih Cara Cek IMEI di iPhone dan Android Demi Hindari Gadget Palsu



Pemerintah terus berupaya untuk menekan peredaran ponsel dan smartphone ilegal dengan melakukan pemblokiran sinyal dengan melihat IMEI yang ada. Tidak hanya itu, IMEI juga bisa digunakan untuk mengecek apakah smartphone yang kita beli palsu atau tidak.
hindari-gadget-palsu-ini-cara-cek-imei-di-iphone-dan-android
Dengan semakin berkembangnya teknologi seluler, banyak oknum nakal yang membuat tiruan smartphone-smartphone mahal dengan harga yang jauh lebih murah. Mereka bahkan tidak ragu untuk merekondisi sebuah smartphone rusak dan menjualnya sebagai smartphone baru 'abal-abal'.
Selain bisa membedakan smartphone BM (black market) dan original, mengetahui IMEI dari smartphone juga berguna saat smartphone kesayangan hilang. Anda bisa menghubungi operator jaringan dan menggunakan nomor IMEI untuk memblokirnya. Sehingga ketika si pencuri mengganti kartu SIM-nya pun smartphone akan tetap tidak bisa digunakan.
Lalu bagaimana cara melihat IMEI yang ada di iPhone dan smartphone Android? Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk mencari tahu nomor IMEI dan melihat apakah IMEI tersebut asli atau palsu, Phone Arena (16/11).
iPhone
1. Ketik *#06#
Seperti kebanyakan smartphone dan ponsel, cara tercepat untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan melakukan panggilan ke nomor *#06#. Segera setelah panggilan dilakukan, maka nomor IMEI akan langsung ditampilkan.
2. Lewat menu pengaturan
Cara kedua yang bisa ditempuh untuk memastikan nomor IMEI di iPhone adalah dengan masuk menu 'Setting' atau pengaturan kemudian pilih opsi 'General'. Di menu general, Anda hanya perlu men-tap 'Device information'. Nomor IMEI akan muncul di bagian bawah, tepatnya di bawah informasi Bluetooth.
3. Lewat iTunes
Apabila Anda masih belum yakin tentang originalitas IMEI Anda, langkah berikutnya yang bisa diambil adalah melakukan pengecekan di iTunes lewat PC.
Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun iTunes Anda. Pada laman informasi iPhone akan muncul nomor dari telepon Anda. Nah, Anda harus mengklik nomor telepon itu dua kali agar nomor IMEI muncul.
4 Lihat bagian belakang casing dan box wadah iPhone
Saat Anda su8dah memastikan nomor IMEI lewat iPhone, ada baiknya untuk melakukan pengecekan tambahan di wadah iPhone yang Anda beli. Nomor IMEI biasanya akan muncul di bagian belakang bawah sebelah kiri dari box, persisnya di bawah 'Serial No.'.
Anda juga bisa melihat nomor IMEI di bagian belakang casing iPhone. Namun Anda harus lebih teliti, karena nomor IMEI di casing iPhone ditulis dengan angka berukuran kecil.
Android
1. Lakukan panggilan ke *#06#
Langkah melihat nomor IMEI yang pertama di Android ini sama dengan yang terdapat di iPhone, di mana Anda hanya perlu masuk ke menu panggilan dan mengetik *#06#. Nomor IMEI kemudian akan muncul dengan sendirinya setelah tanda pagar '#" terakhir diketik.
2. Lewat menu pengaturan
Langkah kedua yang bisa ditempuh untuk melihat nomor IMEI adalah dengan masuk ke menu 'Setting' dan memilih opsi 'About Device' (Tentang ponsel). Kemudian tap 'Status' yang diikuti oleh 'IMEI'/'Informasi IMEI'.
3. Lewat Google Dashboard
Bila iPhone mempunyai iTunes untuk melihat nomor IMEI via PC, maka Android mempunyai Google Dashboard. Yang perlu Anda lakukan hanya mengunjungi laman Google Dashboard dan login untuk melihat nomor IMEI smartphone Anda.
4. Cek nomor IMEI di bawah baterai
Berbeda dengan iPhone, kebanyakan smartphone Android memang mengusung beterai berjenis removable atau yang bisa dilepas. Oleh karena itu, nomor IMEI dari smartphone-smartphone itu tidak dituliskan di casing tetapi di bagian smartphone tepat di bawah baterai.
Saat membeli smartphone Android, selain mengecek IMEI di bawah beterai pastikan Anda membandingkannya dengan nomor IMEI yang ada di box smartphone. Ada baiknya bila Anda tidak menerima smartphone yang nomor IMEI di boxnya nampak memudar bahkan hilang.
Lalu bagaimana cara mengecek keaslian dari sebuah IMEI?
Setelah mengetahui nomor IMEI dari perangkat iPhone atau Android, Anda bisa memeriksa keasliannya secara online lewat situs NumberingPlans.com.
Lewat situs tersebut, Anda bisa memasukkan nomor IMEI di kolom 'Enter IMEI number below' untuk melihat keasliannya. Setelah memasukkan 15 angka IMEI smartphone Anda, tinggal klik analyse. Lalu, akan muncul informasi dari smartphone Anda yang meliputi produsen, tipe, hingga tanggal penjualan.
Nah, yang Anda perlu lakukan Adalah memastikan apakah deskripsi smartphone dari nomor IMEI yang Anda masukkan tadi cocok dengan smartphone yang Anda pegang. Apabila deskripsi tersebut tidak sama dengan smartphone Anda, maka bisa dipastikan bila smartphone yang Anda beli adalah palsu.
Anda juga patut waspada dengan hal ini, sebab tahun lalu saja pemerintah kabarnya sudah mematikan sinyal dari puluhan juta ponsel setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Perdagangan dan sejumlah pimpinan operator telekomunikasi menyepakati pemblokiran IMEI ponsel ilegal.
Sumber : Owunik . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)

0 comments:

Post a Comment